Rabu, 02 November 2011

The Shawshank Redemption (1994_by Frank Darabont)



Welcome to the Shawshank,...!!.

Apa yang bisa saya tuliskan tentang film ini. Film ini sangat berkesan, membuat saya tidak meragukan penilaian IMDB terhadap film ini. Saya bukan kritikus film, juga bukan resensor film, apalagi pemerhati film. Saya hanya sesekali nonton film di waktu senggang, sebenarnya saya juga juga bukan orang yang gemar sekali nonton film. Tapi saya berani katakan film ini luar biasa. Sekedar info teman, saya telah menonton film ini sebanyak empat kali dan saya tidak bosan. 

Kata-kata pembuka dalam tulisan ini adalah kalimat yang diucapkan oleh kepala penjara Shawsank saat menyambut narapidana-narapidana baru. Ya para narapidana yang "kurang beruntung", karena telah  ditetapkan menjadi penghuni Shawshank untuk beberapa masa ke depan. Diantara sekian banyak penghuni baru penjara shwashank adalah Andy Dufresne ( Tim Robinson), seorang bankir muda yang sukses dan kaya raya. Kehidupannya berubah drastis ketika dirinya didakwa oleh pengadilan telah membunuh istrinya pada suatu malam karena mendapati istrinya sedang bercinta dengan pemain golf profesional. Cerita dimulai sejak saat dia diputuskan bersalah oleh pengadilan dan harus menjalani hukuman selama puluhan tahun akibat perbuatannya. Dan penjara shawshank adalah tempat dimana dia harus menjalani hukuman itu.

Di dalam penjara, Andy bertemu dengan teman-teman baru. Salah satu yang paling dekat adalah "Red (Morgan Freeman). Mereka berubah menjadi sahabat dan mulai menjalani kehidupan sehari-hari di dalam penjara. Red sendiri sejak usia 11 tahun telah dipenjara akibat terlibat dalam kasus pembunuhan, dan sampai kapan dia dipenjara pun masih menjadi misteri. Selain dua bintang di atas, film ini juga diperankan oleh beberapa bintang lainnya.

Penjara Shawshank dipimpin oleh seseorang yang kejam, bernama Warden Norton (Bob Gunton) yang dalam kesehariannya dia didampingi oleh asistennya yang juga sangat kejam, Heywood (William Sadler). Hari-hari di penjara dijalani Andy dengan sahabat barunya dengan suka duka. Banyak kejadian-kejadian menyedihkan yang dialami Andy, mulai dari pemukulan oleh teman narapidana, pelecehan seksual hingga pengurungan di dalam sel yang terpisah. Namun, banyak hal tidak terduga juga terjadi pada cerita film ini. Bagaimana seorang Andy Dufresne, bankir muda mulai mengerjakan tagihan pajak para sipir penjara, hingga merintis suatu perpustakaan peninggalan Brooke (James Whitmore) menjadi lebih berkembang dengan mengirimkan surat tiap minggu ke pemerintah, dimana suratnya itu baru dibalas 6 tahun kemudian. Bayangkan selama 6 tahun dia mengirimkan surat tiap minggu tanpa putus asa. Dengan kepintarannya pun dia berhasil memindahkan hasil kekayaan Norton yang didapatkan dari hasil pencucian uang ke dalam rekeningnya atas nama orang lain. Suatu upah yang setimpal selama dia (Andy) menjalani hukuman di Shawshank.

 
Namun bagian yang paling menarik pada film ini adalah ketika seluruh sipir penjara dibuat terkaget-kaget, ketika salah seorang tawanannya yang pada malam terakhir pengecekan namanya ada dalam daftar, tetapi pada pagi harinya telah hilang dari selnya tanpa jejak dan tanpa firasat apapun, bahkan dari teman-temannya. Ya, Andy Dufresne telah melarikan diri dari penjara Shawshank yang terkenal ketat dengan menggali lubang pada temboknya dengan paku kecil, selama kurang dari 20 tahun. Suatu hal yang sebelumnya dianggap mustahil oleh Red sahabatnya. Tapi kini Red tahu bahwa "harapan" yang disampaikan Andy saat berbicara padanya adalah benar adanya. Untuk cerita lebih lengkapnya saya menyarankan teman-teman untuk menonton film ini,

Sekedar info bahwa film ini menempati ranking pertama Top 250 film versi IMDB dengan nilai 9.2, dan sampai saat ini masih belum tergeser oleh film-film modern belakang ini.

Sumber :
http://www.imdb.com/title/tt0111161/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar